Tiga Kebiasaan Sehari-hari yang Tidak Baik bagi Kesehatan

Posted on

Menjaga kesehatan lebih baik dari mengobati. Untuk dapat memiliki tubuh yang sehat diperlukan pula pola hidup yang sehat. Namun terkadang kita tidak menyadari bahwa kebiasaan yang kita jalani sehari-hari justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dirangkum dari serpong, tangerang selatan kami Nailaherba akan mengupasnya dari sudut pandang islami.

Tiga kebiasaan berikut ini nampaknya perlu anda kurangi jika anda ingin menjaga kesehatan anda :

  1. Tidur Tengkurap
    Imam Tirmidzi rahimahullah dalam sunannya berkata, “Bab makruhnya tidur tengkurap”, kemudian beliau mebawakan hadits: Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang Laki-laki muslim tidur tengkurap, kemudian beliau bersabda, “Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah.”Ulama sekaligus pakar kedokteran, Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Terlalu sering tidur dengan sisi kiri membahayakan bagi jantung karena kecendrungan anggota (organ dalam) ke kiri, maka bisa menekannya. Dan cara tidur yang kurang baik juga adalah terlentang. Tetapi tidak mengapa jika sekedar untuk beristirahat tanpa tidur. Dan yang kurang baik juga adalah cara tidur berbaring dengan mukanya (tengkurap).” (Zadul Ma’ad 4/240-241)Ilmu kedokteran modern membuktikan bahwa memang tidur tengkurap berbahaya, apalagi tidurnya pulas dan lama karena saat tidur tengkurap otomatis otot dada/otot pernafasan kita tidak dapat mengembangkan dada dengan baik danmaksimal, sehingga aliran oksigen menjadi lebih sedikit dan bisa berakibat menjadi sesak nafas.
  2. Meniup makanan dan minuman yang masih panas
    Pernahkah Anda melihat ibu-ibu meniup makanan yang masih panas saat hendak menyuapi anaknya? Atau mungkinkah Anda juga sering melakukannya? Stopp! Mulai sekarang hentikanlah kebiasaan ini karena hal ini bertentangan dengan sunnah Nabi SAW dan membahayakan kesehatan.“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas.” (HR. Ahmad 1907, Turmudzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth).Imam Nawawi mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.”
  3. Memanjangkan Kuku
    Salah satu kebiasaan kita adalah sengaja memanjangkan kuku, biasanya kuku tertentu yang kita sengaja panjangkan. Baik kah? atau bolehkah? Kita simak pesan Rasulullah saw berikut :“Hal yang fitrah itu ada lima atau lima hal merupakan fitrah, yaitu khitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur kumis.” (HR. Al-Bukhari, bab pakaian (5889); Muslim, bab bersuci (257))

    Dari segi kesehatan, sesungguhnya mencuci kuku itu tidak membuat kuku itu bersih dari kuman dan kotoran, karena air tidak dapat mencapai bagian bawah kuku. Potonglah kuku maksimal tiap 40 hari sekali. Akan lebih bagus jika dipotong setiap hari Jum’at sesuai sunnah Nabi SAW.

Gravatar Image
Untuk pemesanan hubungi naila herbal di 081212348374 Melayani pesan antar via ekspedisi. Khusus pembelian herbal di wilayah BSD, Serpong, Pamulang, Parung gratis ongkos kirim.minim pembelian 300rb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *